Wisuda ke-XI STIKES Citra Delima Bangka Belitung dan Dihadiri PJ Gubernur Bangka Belitung Hingga Ketua LLDIKTI Wilayah 2 Palembang

Bangka Tengah- Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Citra Delima Bangka Belitung menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka dan Wisuda XI di Soll Marina Hotel, Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (29/10/2022).

Acara ini diikuti oleh 172 wisudawan yang terdiri atas 81 wisudawan program studi Profesi Ners, 77 wisudawan S1 Ilmu Keperawatan, dan 14 wisudawan D3 Kebidanan.

Turut hadir dalam acara ini yaitu Pejabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin, Kepala Dinas Kesehatan Bangka Belitung Andri Nurtito, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II serta tamu undangan lainnya.

STIKES Citra Delima Bangka Belitung memiliki prestasi UKOM 5 tahun berturut-turut di atas 80 persen. Tahun ini Program Studi D3 Kebidanan berhasil lulus 100 persen kompeten, Sementara Program Studi Profesi Ners berhasil lulus 99 persen kompeten.

Ketua STIKES Citra Delima Bangka Belitung, Dr. dr. H. Hendra Kusumajaya, M.Epid menyebutkan, dengan diwisudanya 172 wisudawan tersebut, maka Stikes Citra Delima Bangka Belitung telah menghasilkan lulusan sebanyak 1.140 orang.

“Predikat lulusan terbaik diraih oleh setiap program studi, beberapa di antaranya Lestiana, mahasiswa D3 Kebidanan dengan IPK 3,79, Rahmatullah Unisa, mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan, dengan IPK 3,85, dan Yudi Yastuti, mahasiswa Profesi Ners dengan IPK 3,92”.

Oleh karena itu, Ketua STIKES Citra Delima Bangka Belitung berharap agar para sarjana memiliki tanggung jawab yang lebih luas atas ilmu yang dimilikinya.

“Ketika masuk ke dunia nyata, saudara akan menjumpai mitra atau kolega di bidang yang berbeda, di sini keterbukaan menyikapi perbedaan sangat penting untuk memperkaya wawasan,” tuturnya.

Sementara itu Pj Gubernur Bangka Belitung Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc menuturkan sangat menyambut gembira atas terlaksananya acara wisuda pada hari ini.

Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc mengatakan ini merupakan acara puncak dari proses akhir suatu siklus pendidikan yang menunjukkan Stikes Citra Delima Bangka Belitung telah berhasil menyelenggarakan proses pendidikan dan mencetak SDM yang siap diterjunkan membangun daerah.

“Saya ucapkan selamat kepada wisudawan/wisudawati. Semoga keberhasilan yang saudara raih ini menjadi pembuka jalan untuk meraih apa yang dicitakan,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Pj Gubernur Bangka Belitung kehidupan modern di era saat ini akan semakin kompleks, masyarakat akan semakin terbuka, dan tingkat kompetensi akan semakin tajam.

Oleh karena itu, kata Pj Gubernur Bangka Belitung tingkat kesadaran untuk terus belajar, menambah dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan harus melekat dalam diri.

“Saya mengajak seluruh jajaran dunia pendidikan untuk meningkatkan mutu, karena langkah ke depan semua lulusan harus mampu berkompetisi dengan tenaga kerja asing lainnya dengan merebut kesempatan baik itu di dalam maupun luar negeri,”ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah II, Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc mengatakan, Stikes Citra Delima tidak hanya mampu membangun peningkatan sistem pendidikan dan kualitas para dosen untuk didorong memiliki S3 dan lulusan, tetapi juga harus mempunyai kepribadian akhlak mulia, adanya nilai- nilai moral dan etika yang kuat, menjadikan lulusan rendah hati dengan budaya ucapan terima kasih, tolong, dan permohonan maaf dalam interaksi sosial yang juga saat ini menguasai teknologi digital.

“Oleh karena itu, para lulusan tidak hanya memiliki kemampuan kompetensi profesionalnya, tetapi aspek moral harus juga diperhatikan sehingga para lulusan Stikes Citra Delima siap pakai,” katanya.

 

Ketua Yayasan Citra Delima Bangka Belitung,  Dr. H. Zaidan, SH., S. Ag., M. Hum, menyampaikan selamat dan rasa bangganya terhadap para wisudawan yang telah diwisuda.

“Para wisudawan sekalian kami mengucapkan selamat dan sukses, ini adalah hasil kerja keras kalian,” ucap Ketua Yayasan Citra Delima Bangka Belitung.

Dirinya melanjutkan, ada pepatah arab mengatakan yang artinya barangsiapa bersungguh-sungguh maka dapatlah ia.

“Maka kalian yang diwisuda hari adalah termasuk orang bersungguh-sungguh yang telah bekerja keras menyelesaikan studi di Stikes Citra Delima Bangka Belitung,” pungkasnya.

Ia juga berpesan agar wisudawan harus memiliki akhlakul karimah, sebab dengan memiliki akhlak mulia maka dipastikan hampir semua orang suka.

Pada akhirnya, Zaidan mengatakan wisudawan dan wisudawati tetap saja menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Stikes Citra Delima Bangka Belitung.

Peran serta dari alumni dikatakannya sangat dibutuhkan untuk mewujudkan Stikes Citra Delima menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas.

Kami pun akan terus mengembangkan kelembagaan dan saat ini kita akan konsentrasi bagaimana Stikes Citra Delima dapat menjadi universitas. Ini adalah mimpi yang harus diwujudkan,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *